Minggu, 07 Desember 2008

NAGARI BERBENAH 1


NAGARI BERBENAH 1


Seperti halnya Jorong Manganti, di Jorong Jopangpun sedang dilaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) yang dipusatkan di Jalan Padang yang mengarah dari Lapangan Bola Kaki Jopang Manganti (Jopang Manganti FC) menuju Jorong Padang Japang yang panjangnya sekitar 800 m dengan biaya sebesar Rp. 104.000.000,- (seratus empat juta rupiah). Dan sekarang telah hampir rampung dengan TPK yang diketua oleh Epioris, Sekretaris Erianto Suardi dan Bendahara Fatmarida.
Sesuai dengan misi program PNPM-MP tersebut, apapun pembangunan sarana maupun prasarana yang direncanakan harus punya nilai dan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat terutama untuk masyarakat miskin. Ini terbukti dengan diadakannya Program dan Anggaran untuk SPP (Simpan Pinjam Perempuan) yang di Jorong Jopang terdapat 2 kelompok SPP yang pembiayaannya dari PNPM-MP tersebut dan masing-masingnya mendapat kucuran dana sebesar
Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah).
Sehubungan juga dengan hal tersebut diatas, untuk periode tahun 2009 mendatang beberapa hari yang lewat telah diadakan pula musyawarah rencana pembangunan dan penggagasan pendapat yang akan diajukan pada PNPM-MP 2009.
Rencana semula yang akan diajukan adalah memugar SD Inpres Jopang untuk diberdayakan lagi menjadi suatu Gedung Serba Guna baik bagi Jorong Jopang Maupun untuk Kenagarian Jopang Manganti disamping ditempat tersebut telah dibangun pula Puskesri Jopang Manganti. Namun sangat disayangkan, bahwa dalam PNPM-MP tidak boleh mengajukan usulan untuk perbaikan Milik Pemerintah.
Akhirnya rencana untuk mendirikan/memugar SD Inpres tersebut menjadi sebuah Gedung Serbaguna di Jorong Jopang merupakan PR bagi kita semua, baik itu masyarakat, pemerintah Nagari dan para Perantau Jopang Manganti sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar