Jumat, 09 Januari 2009

KAMI PUNYA GAPOKTAN, KAMI PUNYA LKM-A


Seiring bergulirnya dana PUAP dari pemerintah, maka Jopang Manganti telah menyiapkan wadah berupa Gabungan Kelompok Tani untuk menyalurkan dana tersebut guna dijadikan modal usaha bagi para petani di Jopang Manganti.
Dan dalam hal ini Gapoktanpun telah membentuk suatu lembaga untuk mengelola dana PUAP yang telah disalurkan pemerintah tersebut yaitu LKM-A (Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis), disini bukan saja anggota dari Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) saja yang bisa menjadi anggota LKM-A, masyarakatpun diberi kesempatan untuk jadi Anggota LKM-A dengan persyaratan bisa mematuhi aturan serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) dari LKM-A bersangkutan.
Disamping stimulan berupa dana PUAP dari Pemerintah, LKM-A pun akan berusaha menambah Modal Usaha dari Simpanan Pokok dan Simpanan Bulanan serta dari penjualan Saham yang diterbitkan oleh LKM-A.
Untuk Nagari Jopang Manganti, Simpanan Pokok yang akan dibayarkan oleh anggota adalah Rp. 25.000,- ditambah dengan Simpanan Bulanan sebanyak Rp. 5.000,-/bulan sedangkan Harga Nominal saham yang akan diterbitkan adalah Rp. 50.000,- ditambah dengan biaya administrasi sebanyak Rp. 5.000,-
Nah, disinilah peran perantau diminta dalam rangka pengembangan Nagari dengan jalan membeli saham-saham tersebut, yang dalam aturannya saham yang dimilikki tak lebih dari 10 (sepuluh) lembar Saham per satu nama.
Dalam Gapoktan yang beranggotakan 7 kelompok tani ini yaitu :
a. Kelompok Tani Simun I
b. Kelompok Tani Simun II
c. Kelompok Tani Simun Jaya
d. Kelompok Tani Tunas Muda
e. Kelompok Tani Harapan Tani
f. Kelompok Tani Padang Bersatu
g. Kelompok Tani Sapilin
telah besepakat dalam suatu musyawarah dengan memberi nama Gapoktan ini “MAJU BERSAMA SIMUN” yang kepengurusannya adalah :
Ketua : ZULFIKRI
Bendahara : DEDI MUDIALA
Sekretaris : ATEP EMDANI
Demikianlah sekilas tentang Gapoktan Maju Bersama Simun Nagari Jopang Manganti.

2 komentar:

  1. salut..., kalau sedainyo ado ughang awak nan di rantau ingin mamboli saham ba caro & prosedurnyo..

    salam daghi subarang,

    ayahnyaghatan

    BalasHapus
  2. Boleh liat contoh AD ART nya ga? by wia samarinda

    BalasHapus